SIGNAL Solusi Bayar Pajak Kendaraan Anti Ribet Tanpa Perlu Antri Lama

Sumber: https://korlantas.polri.go.id/news/mudahkan-pelayanan-pajak-kendaraan-korlantas-polri-perbarui-aplikasi-samolnas/

Anda punya kendaraan bermotor? Pasti akan berurusan dengan bayar membayar pajak yang terkenal akan ribet dan lama antrinya, untuk menghilangkan spekulasi rakyat terhadap 2 cap tersebut. Kepolisian akhirnya meluncurkan SIGNAL, apakah itu SIGNAL berikut ulasannya:

Apa yang Dimaksud SIGNAL?
SIGNAL atau Samsat Digital Nasional merupakan platform digital berbentuk aplikasi yang bertujuan mempermudah masyarakat Indonesia dalam membayar pajak kendaraan bermotor dengan lebih aman dan mudah. Samsat Digital Nasional atau disingkat SIGNAL diadakan secara resmi dan sudah bisa diunduh via Google PlayStore. Dengan keberadaan platfom SIGNAL, sekarang masyarakat yang mempunyai kendaraan bermotor tidak lagi kesusahan dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Tidak harus meluangkan waktu untuk keluar rumah atau meninggalkan kegiatan seperti izin kantor dll hanya untuk membayar pajak kendaraan. Melunasi kewajiban pajak dapat dilakukan dengan mudah kapan pun dan dari mana pun masyarakat berada. Pada platform ini, masyarakat tidak hanya dapat membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) saja, namun juga melakukan pengesahan STNK serta membayar Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan atau SWDKLLJ.

Dengan keberadaan Samsat Digital Nasional yang terintegrasi secara pintar tersebar di seluruh Indonesia, masyarakat sekarang bisa lebih hemat waktu juga tenaga dalam urusan membayar pajak. Dapat lebih produktif, sangat dianjurkan untuk masyarakat yang mempunyai kendaraan dan sudah memakai ponsel pintar guna memanfaatkan layanan ini.

Bagaimana Cara Menggunakan Platform SIGNAL
Sangat mudah ternyata. Langkah pertama, download dulu aplikasi SIGNAL di Google PlayStore. Langkah kedua, setelah aplikasi berhasil terpasang lakukan registrasi pengguna dengan cara memasukkan data pribadi yang diminta. Mulai dari NIK, nama sesuai e-KTP, alamat e-mail, dan juga nomor ponsel. Lanjut masukkan kata sandi serta ulangi kata sandi. Langkah ketiga, masukkan foto e-KTP pemilik kendaraan. Pastikan posisi KTP sudah pas dengan panel yang tersedia di layar ponsel kesayangan anda. Langkah keempat, lakukan verifikasi biometric wajah melalui foto selfie. Langkah kelima, masukkan kode OTP yang akan anda terima melalui SMS. Jika sudah, maka registrasi pada aplikasi SIGNAL telah berhasil. Langkah terakhir, lakukan verifikasi ulang dengan cara klik link yang dikirimkan oleh SIGNAL via e-mail yang sudah Anda daftarkan.

Sekian ulasan tentang SIGNAL alias Samsat Digital Nasional, semoga bermanfaat!!