Bijak Pilih Les Anak, Ini Solusi Memilih Les Gambar Buah Hati!

Les anak tengah menjamur di kalangan masyarakat urban. Kalau dulu kita hanya mengenal les akademik, sekarang tak lagi. Beragam jenis dan model les pun berkembang seiring berjalannya waktu.


Pilih Les Anak dan Les Gambar Dengan Pertimbangan Ini
Dari banyaknya pilihan, les gambar terbilang sangat diminati, bahkan terhitung populer. Penelitian menunjukkan kegiatan menggambar mampu meningkatkan kecerdasan emosional anak. Di samping itu, anak juga mampu mengekspresikan emosi lebih positif.

Meskipun demikian, orang tua tentu punya tugas berat dalam memilih tempat les. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan saat memasukkan anak ke tempat kursus gambar?

1. Waktu Les
Jangan sampai waktu kursus mengganggu atau memberatkan buah hati Anda. Biarkan mereka menentukan waktu belajar yang tepat. Kapan mereka ingin kursus menggambar? Berapa banyak pula durasi belajar dalam seminggu?

Anda bisa membicarakannya terlebih dahulu bersama buah hati dan pasangan. Lihat dari sudut pandang mereka, apakah kursus tersebut memungkinkan atau tidak? Anak tetap butuh waktu bermain dan istirahat yang cukup untuk bisa berkembang optimal.

2. Minat Anak
Bakat dan minat anak tetap jadi bahan pertimbangan utama dalam menentukan les yang sesuai. Mengingat les menggambar bukanlah bagian akademis, Anda tentu tak bisa memaksakan. Bila buah hati tak berminat sedikitpun di bidang artistik, sebaiknya hargai keputusan mereka. Tujuan kursus menggambar pun bukan semata-mata untuk berkompetisi, namun mengasah kemampuan emosional mereka.

3. Usia
Kepedulian orang tua terhadap tumbuh kembang buah hati memang jadi perhatian khusus. Orang tua mana yang ingin anaknya tumbuh tak optimal? Setiap orang tua pasti ingin anak tumbuh cerdas. Itulah mengapa les anak dipilih untuk mengoptimalkan seluruh kemampuan mereka.

Berbeda dengan akademis, kursus kreatif biasanya dibuka untuk segala jenis umur, termasuk bayi. Walaupun demikian, Anda tetap harus mempertimbangkan usia buah hati supaya stimulus yang diberikan lebih maksimal.

4. Finansial
Sudahkah Anda menghitung pendapatan dan pengeluaran bulanan? Apakah kemampuan finansial yang ada mampu membiayai les buah hati? Keinginan memberikan yang terbaik untuk anak memang mutlak dimiliki oleh para orang tua.

Sayangnya, Anda tak bisa memaksakan kehendak untuk memberi kursus tambahan pada buah hati tanpa memperhitungkan kemampuan finansial. Jika budget yang dimiliki tak mencukupi kebutuhan tersebut, sebaiknya urungkan niat Anda.

Keempat tips di atas bisa Anda terapkan saat memilih tempat les buah hati. Ada baiknya lakukan pertimbangan yang tepat, bila ingin les berjalan lebih optimal. Jangan sampai salah satu poin menghambat kelancaran aktivitas anak untuk meraih pengajaran. Sebagai orang tua, Anda pun tentu bertanggungjawab penuh akan biaya serta lokasi les gambar anak.