Informasi Seputar Virtual Reality yang Unik

Virtual reality merupakan sebuah teknologi termutakhir yang diwujudkan untuk tujuan tertentu. Anda pasti sudah cukup kenal dengan alat VR ini. Walaupun belum, pastinya sudah sering melihatnya. Dibalik teknologi yang unik dan mungkin membuat Anda tak habis pikir dengan aksi pengguna-penggunanya, ada beberapa informasi seputar teknologi ini yang unik.


Informasi Unik Tentang Alat Virtual Reality
Alat virtual reality hadir sebagai teknologi yang membuat penggunanya bisa mendapatkan pengalaman visualisasi yang seperti nyata. Ia bisa terlihat berinteraksi dengan lingkungan maya tersebut karena baginya cukup nyata.

Komputer yang memberikan simulasi ini, tadinya alat ini hanya memberikan visualisasi saja. Namun pada alat yang sama dengan teknologi yang lebih canggih, ditemui pengalaman lain berbentuk audio dan juga sentuhan. Bayangkan, imajinasi berupa visual, audio, dan sentuhan ada bersamaan!

Alat virtual reality ini menyajikan gambar dengan bentuk penampil stereoskopik. Sedangkan untuk suaranya bisa didapatkan melalui headphone dan haptic digunakan untuk sensor sentuhan. Sistem haptic yang diwujudkan ini beragam, ada yang berupa ban jalan segala arah, boom arm, sarung tangan berkabel, dan lain-lain.

Meskipun dalam pembuatan ini telah diakui bahwa penciptaan sebuah imajinasi realitas dengan kejernihan tinggi itu susah, namun sudah banyak pengguna alat ini yang membuktikan bahwa kejernihan visual yang sekarang sudah cukup terlihat nyata. Malahan bisa membuat penggunanya kesulitan membedakannya dengan kenyataan apabila alat ini tidak dicopot.

Sejarah Virtual Reality
Anda mungkin juga bertanya-tanya tentang sejarah serta asal muasal alat ini. Istilah realitas virtual pertama kali muncul pada tahun 1980 an lalu, sudah lama memang, namun memang di tahun tersebut sudah muncul istilah tersebut.

Orang pertama yang mempopulerkan istilah ini adalah Jaron Lanier. Jaron Lanier sendiri memang salah satu dari beberapa pelopor yang mengusung teknologi ini. Baru kemudian di sekitar tahun 1986, didirikan sebuah riset VPL.

Riset VPL yang didirikan ini tak langsung bisa menciptakan alat VR secanggih sekarang. Melainkan hanya menggunakan sistem serupa kacamata hitam dan sarung tangan di kala itu. Wah seru sekali ya! Bagaimana, tertarik untuk mencoba alat ini?