Doyan Offroad? Lakukan 4 Perawatan Mobil Jeep Ini!

Siapa bilang perawatan mobil jeep sulit? Meskipun sering digunakan untuk offroad, jeep terbilang tahan banting. Pengguna tak perlu merasa terlalu khawatir, apalagi cemas berlebihan. Pasalnya, jeep memang diperuntukkan bagi medan berat dan berliku. Kekuatan mobil justru lebih terpacu saat melewati tanjakan atau jalanan berliku. Agar Anda tak merasa salah dalam merawat mobil jeep, beberapa saran di bawah ini bisa diikuti.


1. Menggunakan Aksesoris Asli
Kesalahan terbesar para pemilik mobil jeep adalah lalai memilih aksesoris mobil. Mereka seringkali memasangkan aksesoris aftermarket ke bodi mobil. Hal ini justru merusak aksesoris asli yang sebelumnya telah terpasang.

Tentu saja hal tersebut berpengaruh pada kondisi bodi sekaligus harga jual mobil di pasaran. Selain merusak aksesoris asli, aksesoris tambahan juga lebih gampang lepas, rusak, maupun patah.

2. Membersihkan Ban secara Berkala
Tak cuma bagian bodi, ban mobil pun butuh perawatan khusus. Mengingat para pengguna kerap melakukan offroad, sebaiknya bersihkan ban setelah 5000 – 8000 km. Perhatikan bagian brake dust yang memang butuh perawatan ekstra. Di samping itu, perawatan mobil jeep juga tak terlepas dari tekanan angin ban yang pas. Pastikan Anda memeriksanya secara rutin, minimal 1 minggu sekali.

3. Melakukan Servis Besar
Kapan waktu yang tepat untuk melakukan servis besar? Dilansir dari pengamat otomotif, mobil jeep butuh servis besar saat odometer menunjukkan 40 ribu km. Ketika servis besar, Anda harus mengganti pula oli mobil. Lakukan proses servis besar di bengkel resmi atau showroom dari perusahaan mobil tersebut. Ini dilakukan semata-mata untuk menjaga kualitas mesin dan bodi mobil tetap prima.

4. Penggantian Filter yang Tepat
Untuk mengetahui masa penggantian filter AC, oli, dan bahan bakar, Anda perlu memperhatikan odometer. Penggantian filter bahan bakar wajib dilakukan setelah mobil menempuh 20 ribu km. Sementara penggantian filter oli dan AC perlu dilakukan pada kelipatan 10 ribu km.

Supaya Anda tak merasa menghabiskan uang terlalu besar, ada baiknya periksa semua bagian terlebih dahulu. Perawatan mobil jeep benar-benar membutuhkan pemahaman serta kesadaran Anda dalam merawatnya.